UPTWM Dorong Mahasiswa Tumbuhkan Semangat Berwirausaha

“Jakarta (Unas) – Unit Pelaksana Teknis Wirausaha Mandiri (UPTWM) Universitas Nasional (Unas) dorong para mahasiswa untuk menumbuhkan semangat berwirausaha. Hal ini dilakukan melalui Seminar Kewirausahaan yang dihelat secara onsite, di Aula Blok I lantai IV Unas, Selasa (16/01). Kepala UPTWM Unas, Dr. Ir. Farida, MMA. mengatakan, jiwa berwirausaha perlu ditanamkan kepada mahasiswa sejak duduk di bangku kuliah, mengingat adanya ketidakseimbangan antara tenaga kerja dan lapangan pekerjaan di Indonesia”

“Oleh karena itu, guna mengatasi pengangguran, kampus sudah seharusnya mendorong para mahasiswa dan membantu melahirkan wirausaha baru agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” ujarnya. Dalam melakukan hal tersebut, Farida menuturkan bahwa perlu dilakukan pelatihan-pelatihan dan praktik secara langsung agar mahasiswa bisa cepat beradaptasi dengan keadaan berbisnis di lapangan.

“Tidak hanya praktik, tetapi mahasiswa juga perlu memiliki soft skill yang baik serta menanamkan sifat yang gigih, kreatif, dan inovatif dalam menjalankan usahanya,” ujar Dosen Matakuliah Kewirausahaan itu. Hadir sebagai narasumber, seorang Business Coach Muhammad Bardansyah menjelaskan bahwa dalam memulai berwirausaha, seseorang harus memiliki pemikiran business owner mentality. “Hal ini mengacu pada sikap, pola pikir, dan pendekatan yang dimiliki oleh orang-orang yang berpikir dan bertindak seperti pemilik bisnis,” paparnya.

Ia melanjutkan, dengan menanamkan pemikiran tersebut, seorang wirausaha akan lebih mudah dalam menjalankan bisnisnya. Tak hanya itu, sifat yang tidak mudah menyerah dan selalu peka terhadap perkembangan juga merupakan hal yang penting dalam menjalakan usaha. (NIS)